Cara Cek Mental Health Online

Cara Cek Mental Health Online
Cara Cek Mental Health Online

Cara Cek Mental Health Online – Mencari artikel menarik seperti Cara Cek Mental Health Online yang sedang trending saat ini.

Jika iya selamat sudah masuk situs ini dalam membahas Cek Mental Health Online.

Hari ini kami akan membahas Cek Mental Health Online nan bisa kalian ketahui.

Penasaran dengan topik Cek Mental Health Online? Jika benar yuk simak artikel KepoWin.

Cara Cek Mental Health Online

Ulasan Cara Cek Mental Health Online merupakan pembahasan yang cukup ramai dibahas.

Kenapa topik tersebut bisa viral? Sebab ada beragam komunitas lagi membahas Cara Cek Mental Health Online.

Selain komunitas ada juga platfrom yang ikut mengulas Cek Mental Health Online.

Alhasil ulasan Cek Mental Health Online semakin viral dan kami tertarik membahasnya.

Maka dibawah hasil riset KepoWin mengenai topik Cara Cek Mental Health Online.

Apa itu Mental Health

Dilansir dari situs hello sehat Mental Health disebut juga dengan gangguan mental atau jiwa, adalah kondisi kesehatan yang memengaruhi pemikiran, perasaan, perilaku, suasana hati, atau kombinasi diantaranya. Kondisi ini dapat terjadi sesekali atau berlangsung dalam waktu yang lama (kronis).

Gangguan ini bisa ringan hingga parah, yang dapat memengaruhi kemampuan seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ini termasuk melakukan kegiatan sosial, pekerjaan, hingga menjalani hubungan dengan keluarga.

Meski rumit, gangguan kesehatan mental termasuk penyakit yang dapat diobati. Bahkan, sebagian besar penderita mental disorder masih dapat menjalani kehidupan sehari-hari selayaknya orang normal.

Namun, pada kondisi yang lebih buruk, seseorang mungkin perlu mendapat perawatan intensif di rumah sakit untuk menangani kondisinya. Tak jarang, kondisi ini pun dapat memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri atau mengakhiri kehidupannya.

Penyebab Ganggunan Mental

Advertisements

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab gangguan jiwa secara pasti. Namun, berbagai riset menunjukkan bahwa banyak kondisi gangguan jiwa yang disebabkan oleh kombinasi dari:

  • Faktor biologis: gangguan fungsi otak akibat genetik, infeksi, cedera kepala, atau gangguan nutrisi.
  • Faktor psikologis: trauma, rasa kehilangan mendalam khususnya saat anak-anak, ditelantarkan, dan kesulitan berhubungan dengan orang lain.
  • Faktor lingkungan: perceraian atau kematian, kehidupan keluarga yang berantakan, pergantian tempat kerja atau sekolah, ekspektasi sosial, hingga kekerasan dari lingkungan.

Di samping itu, beberapa orang dengan kondisi tertentu memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan gangguan jiwa.

Contoh Gangguan Mental

Gangguan kesehatan jiwa masih menjadi masalah utama di dunia. Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2016, terdapat sekitar 35 juta orang terkena depresi, 60 juta orang terkena bipolar, 21 juta terkena skizofrenia, dan 47,5 juta terkena demensia.

Gangguan kesehatan mental didefinisikan sebagai penyakit atau kondisi yang memengaruhi cara berpikir, merasakan sesuatu, bertindak, atau berhubungan dengan orang lain serta lingkungan. 

Terdapat beberapa jenis gangguan jiwa yang bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa di antaranya:

1. Gangguan Cemas

Gangguan kecemasan berhubungan dengan rasa takut terhadap objek atau situasi. Mereka juga umumnya mengalami peningkatan detak jantung dan sering berkeringat.

Penyakit kejiwaan ini terdeteksi jika respons seseorang tidak sesuai dengan situasi atau tidak dapat mengendalikan respons yang dikeluarkan.

2. Gangguan Mood

Jenis gangguan jiwa ini berhubungan dengan sering merasa sedih, kelewat bahagia, atau gejolak dari kebahagiaan hingga kesedihan berlebih.

Contoh dari gangguan mood (suasana hati) adalah depresi dan bipolar.

Depresi umumnya dicirikan dengan kesedihan, kehilangan minat atau kesenangan, perasaan bersalah atau menghargai diri rendah, gangguan tidur atau nafsu makan, kelelahan, dan konsentrasi yang buruk. 

Sedangkan bipolar biasanya terdiri dari episode mania dan depresi, yang dipisahkan oleh periode suasana hati yang normal. Episode mania melibatkan suasana hati yang meningkat atau mudah tersinggung, aktivitas berlebihan, bicara cepat, harga diri meningkat, dan kebutuhan tidur yang sedikit. 

Advertisements

Orang yang mengalami serangan mania, tetapi tidak mengalami episode depresi juga diklasifikasikan sebagai gangguan bipolar.2 dari 6 halaman


3. Gangguan Psikotik

Penyakit kejiwaan psikotik melibatkan kesadaran atau pola pikir yang terdistorsi. Dua gejala yang paling umum adalah halusinasi dan delusi. 

Skizofrenia merupakan salah satu contoh gangguan psikotik, yang ditandai dengan distorsi dalam berpikir, persepsi, emosi, bahasa, dan perilaku.

4. Gangguan Makan

Gangguan makan melibatkan emosi, sikap, dan perilaku ekstrem yang melibatkan berat badan serta makanan. 

Gangguan makan dapat berupa asupan makanan yang tidak mencukupi atau berlebihan, yang akhirnya dapat merusak kesejahteraan individu. 

Bentuk gangguan makan yang paling umum, yaitu Binge Eating Disorder, Anorexia Nervosa, dan Bulimia Nervosa.

5. Kontrol Impuls 

Gangguan kontrol impuls membuat penderitanya tidak dapat menahan keinginan atau dorongan untuk melakukan tindakan yang membahayakan diri atau orang lain. 

Sering kali, orang-orang dengan gangguan ini menjadi begitu terlibat dengan objek kecanduan sehingga cenderung mengabaikan tanggung jawab.

Pyromania (menyalakan api) dan kleptomania (mencuri) adalah contoh gangguan kontrol impuls.

Cara Cek Mental Health Online

Dari hal di atas, lebih baik berkonsultasi dengan spesialis atau psikolog. Jangan khawatir, beberapa situs memiliki layanan tes kesehatan mental online yang dapat Anda akses kapan saja.

Cara Cek Kesehatan Mental di Lalui Bersama

Tempat lain untuk memantau kesehatan mental Anda secara online adalah Laluibersama. Situs tersebut diluncurkan secara gratis oleh Universitas Airlanggan (UNAIR). Klik pada penghitung mental untuk mengakses

Cara Cek Kesehatan Mental di Satu Persen

Situs yang menawarkan layanan pemeriksaan kesehatan mental adalah 1%. Di sini Anda dapat menjawab pertanyaan Anda tentang situasi Anda saat ini. 1% tes psikologi

Untuk menghubungi psikolog secara langsung, coba software Halodok atau Allodocter di Play Store atau Apple Store. Anda dapat berbicara langsung dengan psikolog.


Kata Kunci : cara cek mental health online,cara cek kesehatan mental online,cara cek mental health di website,cek mental health laluibersama.com,online mental health,college and mental health,cara mengecek mental health,mental health in college,college mental health,cek kesehatan online, Cara Cek Mental Health Online

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.