Cara Membuat Aplikasi di Playstore

Cara Membuat Aplikasi di Playstore
Cara Membuat Aplikasi di Playstore
Advertisements

Cara Membuat Aplikasi di Playstore – Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara Publikasikan aplikasi di google play? Meskipun sekarang Anda dapat membuat aplikasi dan game lintas platform.

Anda perlu tahu cara merilisnya di toko khusus platform. Google Play Store adalah pasar terbesar untuk aplikasi yang ditargetkan untuk pengguna Android dan memiliki beberapa aturan yang harus Anda ikuti agar berhasil mempublikasikan aplikasi atau game Anda. 

Jika Anda ingin mengetahui 10 Cara Membuat Aplikasi di Playstore, ikuti panduan ini untuk bisa masuk ke perambanan play store

1. Apakah Anda Siap untuk Google Play Store?

Jika Anda siap untuk Cara Membuat Aplikasi di Playstore, Anda harus melihat panduan Google Play untuk membuat aplikasi berkualitas tinggi. Pastikan aplikasi atau game Anda memenuhi standar kualitas aplikasi inti dan Anda akan mengurangi hambatan apa pun di bagian proses publikasi selanjutnya.  

Jika Anda merasa belum siap dengan aplikasi seluler Anda, bicarakan dengan beragam pakar  untuk mendapatkan bantuan.  

2. Targetkan Audiens yang Tepat

Sangat penting untuk membawa aplikasi atau game Anda ke tangan audiens yang Anda inginkan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menetapkan peringkat konten ke aplikasi Google Play Anda.

Jika Anda telah membuat game untuk pelajar muda, Anda dapat menyetel kematangan aplikasi atau game Anda ke “Semua Orang”. Jika Anda telah membuat penembak orang pertama yang memandu pemain melalui dunia seperti Silent Hill, maka Anda ingin memberi peringkat “Kedewasaan Tinggi” pada game Anda.  

3. Di belahan dunia manakah Pengguna Anda?

Saat mengupload game atau aplikasi ke Play Store, Anda perlu mempertimbangkan sejak awal apakah akan mendistribusikannya secara internasional atau bahkan ke seluruh dunia. 

Ini mungkin tidak tampak seperti prioritas tinggi tetapi Anda harus memutuskan sejak awal karena di mana Anda memilih untuk mendistribusikan dapat memiliki beberapa efek tidak langsung:  

  • Anda mungkin membutuhkan sumber daya yang dilokalkan.
  • Anda harus menulis deskripsi aplikasi yang dilokalkan.
  • Mungkin ada persyaratan hukum yang berbeda tergantung pada wilayah yang Anda targetkan.
  • Anda dapat menyesuaikan aplikasi Anda untuk perubahan zona waktu, mata uang yang berbeda, dll.

Untungnya, ada daftar periksa pelokalan yang bagus untuk dipublikasikan di Google Play.  

4. Kumpulkan Materi yang Relevan untuk Aplikasi Android

Ada beberapa hal yang perlu Anda atur sebelum Anda mulai memublikasikan aplikasi Anda. Ini akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah untuk mengumpulkan semua materi ini sebelum Anda memulai dengan bagian inti dari persiapan untuk memublikasikan di Google Play.

Dapatkan Kunci Kriptografi Anda

Kunci kriptografi memungkinkan Anda memberikan tanda tangan digital yang mengautentikasi aplikasi atau game Anda. Kunci ini mengidentifikasi Anda sebagai penulis aplikasi dan diperlukan untuk penerbitan Android. Ada beberapa cara untuk menghasilkan kunci ini, yang dapat Anda temukan di sini. 

Anda harus menggunakan kunci kriptografik yang sama untuk umur semua aplikasi Anda. Salah satu hal lucu tentang Google Play, adalah bahwa kunci yang Anda gunakan harus valid hingga setelah 22 Oktober 2033.

Ini adalah persyaratan untuk semua orang yang menerbitkan di Google Play dan memungkinkan pengguna untuk meningkatkan aplikasi mereka dengan mudah.

Sangat penting untuk menjaga keamanan kunci kriptografi Anda. Anda perlu memastikan tidak ada yang dapat mengakses kunci ini dan membahayakan keamanan pengguna Anda. Menjaga kunci-kunci ini tetap aman relatif mudah jika Anda mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Gunakan kata sandi yang kuat untuk keystore dan kunci Anda
  • Jangan izinkan orang lain mengakses kunci Anda atau mengetahui keystore dan sandi kunci Anda
  • Simpan file keystore Anda di tempat yang aman.

Rancang Ikon Aplikasi Anda

Ikon aplikasi Anda adalah hal pertama yang akan dinilai oleh calon pengguna Anda. Orang menilai buku dari sampulnya setiap hari. Dan meskipun ini bukan praktik yang efektif.

Setiap orang akan terus melakukannya karena mudah dan menghemat waktu. Jadi, pastikan mereka menilai aplikasi atau game Anda berharga dan layak untuk diunduh.

Saat mendesain ikon Anda , kesederhanaan adalah kuncinya. Berikut beberapa aturan yang akan membantu Anda mendesain ikon yang hebat. 

  • Hindari menggunakan kata-kata
  • Pilih satu elemen visual
  • Gunakan format dan ukuran yang benar
  • Jadilah kreatif

Jangan takut untuk menjadi kreatif dan membuat sesuatu yang akan menonjol dari yang lain. Ada beberapa aturan praktis yang harus diikuti, tetapi itu tidak berarti Anda juga tidak bisa berpikir di luar kotak.

Tulis Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir

Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir atau EULA, adalah syarat dan ketentuan yang Anda tetapkan untuk menggunakan aplikasi atau game Anda. Anda harus menyertakan EULA dengan aplikasi atau game Anda sehingga digunakan untuk tujuan yang Anda inginkan. 

Salah satu hal hebat tentang Google Play adalah mereka telah dengan jelas menguraikan persyaratan dan ketentuan publikasi di Google Play untuk pengembang.  

Jangan khawatir jika Anda bukan ahli hukum, Anda tidak perlu menulis EULA Anda sendiri. Anda dapat dengan mudah menemukan template EULA online yang gratis untuk digunakan atau diubah sesuai kebutuhan. 

Advertisements

Setelah Anda menulis EULA Anda, Anda hanya perlu memasukkan tautan ke dalamnya di bidang deskripsi halaman toko Google Play aplikasi Anda.  

Siapkan Materi Pemasaran Anda

Setelah Anda menerbitkan game Anda, Anda perlu mendapatkan beberapa pengguna. Sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang Google Play adalah bahwa laman toko aplikasi Anda akan menjadi kesan pertama yang dimiliki kebanyakan orang tentang aplikasi atau game Anda. 

Jadi, penting untuk membuatnya terlihat bagus. Pengoptimalan toko aplikasi berarti memiliki materi pemasaran terbaik dan menyesuaikannya untuk Google Play.  

Anda memerlukan gambar, video, dan teks untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari halaman Anda. Google memiliki daftar di sini dengan persyaratan untuk bahan-bahan ini.

Tetapi Anda juga harus memeriksa panduan untuk pengoptimalan toko aplikasi . Ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana merampingkan halaman Anda dan meningkatkan kecepatan download aplikasi atau game Anda.   

Meskipun penting untuk menyiapkan materi grafis Anda saat bersiap untuk menerbitkan aplikasi atau game Anda, Anda juga harus mempertimbangkan nama aplikasi atau game Anda. 

Nama adalah yang muncul saat orang-orang menelusuri game Anda, jadi pilihlah sesuatu yang mudah dicari dan sertakan kata kunci yang berhubungan dengan apa yang dilakukan aplikasi Anda.

5. Rencanakan Strategi Monetisasi Anda

Sebagian besar pengembang berencana untuk mendapatkan uang kembali dari aplikasi dan game yang mereka rilis. Ada beberapa keputusan dasar yang harus diambil tentang strategi monetisasi Anda sebelum memublikasikannya di Google Play.

Keputusan pertama adalah apakah aplikasi atau game Anda akan dibayar atau gratis. Jika Anda memutuskan untuk mengambil opsi berbayar, Anda masih dapat berubah pikiran nanti dan menjadikan aplikasi atau game Anda gratis (tetapi tidak pernah mengubahnya kembali). Namun jika Anda menerbitkan aplikasi atau game Anda secara gratis, itu harus selalu tetap gratis.

Dengan kedua opsi tersebut, Anda dapat memanfaatkan layanan Penagihan dalam Aplikasi untuk memonetisasi aplikasi atau game Anda dengan menyediakan pembelian atau langganan dalam aplikasi 

Untungnya, ada plugin pembelian dalam aplikasi lintas platform yang tersediao yang dapat Anda gunakan di Google Play dan iTunes Store, tanpa mengubah satu baris kode pun.        

6. Persiapkan Sisi Teknis untuk Penerbitan di Google Play

Setelah Anda mengumpulkan semua materi yang diperlukan dan membuat beberapa keputusan dasar, inilah saatnya mempersiapkan aplikasi Anda untuk dirilis. Ada beberapa hal yang perlu Anda pastikan sebelum aplikasi atau game Anda siap dipublikasikan.

Pilih Nama Paket yang Sesuai

Nama paket aplikasi atau game Anda secara unik mengidentifikasinya di perangkat pengguna dan di Play Store. Anda tidak akan pernah bisa mengubah nama paket aplikasi Anda, jika tidak, itu akan diperlakukan sebagai aplikasi baru dan pengguna yang sudah ada tidak akan menerima pembaruan.

Memilih nama paket yang baik berarti memilih sesuatu yang sesuai untuk seluruh durasi umur aplikasi. Anda dapat menggunakan huruf besar dan kecil dari AZ dan garis bawah (‘_’) di nama paket Anda meskipun bagian nama paket individu harus dimulai dengan huruf.

Kepemilikan domain internet digunakan sebagai dasar penamaan paket yang baik (tetapi sebaliknya). Jadi aplikasi yang diterbitkan oleh Google akan menggunakan nama com.google. Penting saat menamai paket Anda untuk menghindari penggunaan com.example, ada nama paket yang lebih unik dari ini.

Matikan Logging dan Debugging

Saat memublikasikan, penting untuk menonaktifkan logging dan debugging sehingga aplikasi atau game Anda tidak dapat di introspeksi. Introspeksi adalah ketika seseorang memeriksa struktur dan detail lain dari sebuah objek dan kelasnya pada waktu proses.

Tinjau dan perbarui manifes dan setelan build Gradle

Setiap aplikasi Google Play membutuhkan file AndroidManifest.xml (dengan nama itu) di direktori akarnya. File manifes menyajikan informasi penting tentang aplikasi Anda ke sistem Android.

Ada tiga bagian utama manifes yang perlu Anda periksa:

  • <uses-permission>

Anda harus hanya izin khusus yang relevan dan diperlukan untuk aplikasi Anda.

  • atribut android: icon dan android: label

Anda harus menentukan nilai untuk atribut ini, yang terletak di elemen  <application>  .

  • android: versionCode dan android: versionName.
Advertisements

Sebaiknya Anda menentukan nilai untuk atribut ini, yang terletak di elemen <manifest>. Untuk informasi selengkapnya tentang langkah-langkah ini, lihat Panduan Pembuatan Versi Google Play Anda .  

Opsi Kompatibilitas Alamat

Aplikasi Anda harus kompatibel di sejumlah perangkat berbeda. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat menguji kompatibilitas seperti beberapa ukuran layar dan tablet.

Anda dapat melihat praktik terbaik Google Play untuk mendukung berbagai resolusi layar di sini. 

Perbarui URL untuk server dan layanan

Pastikan Anda menggunakan URL atau jalur produksi untuk server atau layanan dan bukan URL atau jalur pengujian, jika aplikasi Anda mengakses layanan atau server jarak jauh.

Tentang Google Play dan Pemberian Lisensi

Jika Anda ingin merilis aplikasi berbayar untuk Google Play, Anda harus mempertimbangkan Pemberian Lisensi untuk Google Play . Pemberian lisensi memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa yang mengakses aplikasi berbayar Anda. Meskipun ini bukan langkah penting untuk semua orang, ini direkomendasikan oleh Google Play. 

Konfirmasikan Aplikasi atau Ukuran Game Anda

Ada batas ukuran 100MB untuk APK saat menerbitkan di Google Play. Jika aplikasi atau game Anda melebihi batas ini, Anda selalu dapat memanfaatkan File Perluasan APK . 

Namun, kecuali aplikasi Anda jauh lebih besar dari batas 100MB, Anda mungkin lebih baik mengurangi ukuran aplikasi Anda untuk memenuhi ukuran normal. 

7. Lokalisasi dan Play Store

Jika Anda telah menyelesaikan semua langkah sejauh ini, termasuk keputusan tempat peluncuran, Anda siap untuk melokalkan aplikasi atau game Anda. Pelokalan melibatkan penerjemahan segala sesuatu tentang aplikasi Anda sehingga cocok untuk pasar internasional.

Sayangnya, tidak ada layanan gratis yang dapat melakukan ini untuk Anda. Meskipun Anda dapat menggunakan penerjemah online, penerjemah profesional selalu disarankan untuk keakuratannya. 

Bukan hanya teks aplikasi Anda yang perlu Anda pertimbangkan. Anda juga harus melokalkan laman toko aplikasi Anda dan materi pemasaran apa pun yang menggunakan teks.

Setelah Anda melokalkan aplikasi atau game Anda, penting juga untuk mengujinya untuk memastikan semuanya berfungsi seperti sebelumnya. Untuk semua detail tentang pelokalan, lihat Daftar Periksa Pelokalan Google Play . 

8. Unggah dan Uji Versi Play Store Aplikasi Anda

Jika Anda telah menyelesaikan semua langkah sebelumnya, Anda seharusnya sudah siap untuk mengunggah APK Anda ke Konsol Pengembang Google Play dan mulai menguji. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah dasar ini untuk menguji APK Anda yang siap rilis.

Perubahan Orientasi

Jika Anda telah mengembangkan aplikasi atau game yang perlu berfungsi baik dalam tampilan lanskap maupun potret, Anda perlu mengujinya untuk memastikan layar berubah saat orientasi perangkat berubah. 

Jadi, Anda perlu mengubah orientasi perangkat Anda beberapa kali dan melihat apakah layar digambar ulang dengan benar. Pastikan kode UI khusus yang Anda gunakan berfungsi selama reorientasi.

Undang Penguji Alfa dan Beta

Setelah Anda menyelesaikan pengujian, mintalah bantuan orang lain untuk menemukan apa pun yang mungkin Anda lewatkan. Di Konsol Pengembang Google Play.

Anda dapat menyiapkan grup penguji alfa dan beta untuk memberi Anda masukan sebelum rilis. Anda dapat mengundang penguji ini dan mereka akan dilarang meninggalkan ulasan atau peringkat di laman Play Store Anda, jadi tidak ada risiko umpan balik negatif menyebar ke pengguna baru.

9. Cara Publikasikan Aplikasi dengan Pengoptimalan App Store

Sekarang setelah aplikasi Anda siap untuk dipublikasikan di Google Play, saatnya untuk mengoptimalkan halaman toko aplikasi Anda. Jika Anda sudah menyiapkan ikon dan materi promosi, berikut beberapa tip untuk membantu Anda mendapatkan strategi ASO dengan benar.

  • Pastikan Anda menempatkan aplikasi atau game Anda di kategori yang benar.
  • Tuliskan deskripsi yang bagus untuk aplikasi Anda.
  • Libatkan pengguna awal dalam upaya mendapatkan ulasan dan peringkat positif
  • Analisis & sesuaikan halaman Play Store saat Anda pergi.

10. Pemeriksaan Akhir dan Penerbitan

Jadi sebelum Anda menekan publikasikan di Konsol Pengembang Google Play, Anda harus melakukan beberapa pemeriksaan terakhir. Pastikan bahwa:

  • Profil pengembang Anda memiliki semua info yang benar dan ditautkan ke akun pedagang pembayaran Google yang benar
  • Anda telah mengunggah versi APK yang benar
  • Halaman Play Store dioptimalkan
  • Menyetel opsi harga yang benar
  • Menetapkan penargetan negara dan harga yang sesuai
  • Anda telah mencantumkan “perangkat yang kompatibel” yang benar
  • Alamat email dan situs web dukungan yang benar dicantumkan
  • Aplikasi atau game Anda tidak melanggar aturan Google Play apa pun
  • Anda telah mengetahui bahwa aplikasi Anda memenuhi pedoman untuk konten Android di Google Play dan juga undang-undang ekspor AS.

Aplikasi Anda sekarang siap untuk diluncurkan!

Akhir Kata

Nah itu dia pembahasan singkat yang sudah kami rangkum dalam artikel kali ini dengan pembahasan tema yaitu dengan judul Cara Membuat Aplikasi di Playstore

Jika kalian suka dengan rangkuman kami yang sudah kami tampilkan dalam ulasan kali ini. Maka kalian boleh menyebarkan artikel ini ke berbagai macam jenis akun media sosial anda.

Mulai dari aplikasi whatsapp, aplikasi telegram, aplikasi facebook, dan beragam jenis aplikasi media sosial lainnya bisa kalian manfaatkan. Untuk menyebarkan artikel kali ini.

Ya Semoga rangkuman kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dalam pembahsan singkat. Dan sampai jumpa di episode rangkuman atau artikel berikutnya Salam hangat dari Tim KepoWin

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.