KepoWin Smartphone Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD,

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD,

cara memindahkan aplikasi ke kartu sd – ponsel Android terbaik flagships mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan hari ini. Tetapi kapasitasnya masih premium pada perangkat lama dan ponsel murah .

Sebagian besar penyimpanan ponsel Anda telah digunakan oleh sistem operasi dan perangkat lunak yang dimuat sebelumnya. Setelah Anda mulai menambahkan aplikasi Anda sendiri, merekam foto dan video, serta mengunduh podcast, Anda berisiko kehabisan ruang.

Untungnya, sejumlah perangkat Android memiliki slot kartu microSD yang memungkinkan Anda menambah kapasitas penyimpanan dengan memasukkan kartu memori yang tidak mahal.

Anda dapat mengambil kartu 32GB dengan harga kurang dari $ 10, sedangkan kartu 64GB sekitar $ 12. Kartu 128GB berharga $ 20 dan kartu 256GB $ 40.

Berikut cara memindahkan aplikasi ke kartu microSD menggunakan fitur manajemen aplikasi bawaan Android.

Baca juga – Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus tanpa Aplikasi

Yang Perlu Diketahui Tentang Menambahkan Penyimpanan

Pertama, tidak semua perangkat Android memungkinkan Anda untuk menginstal bagian dari aplikasi yang diinstal ke kartu microSD, tetapi bagi mereka yang melakukannya, itu hanya perjalanan singkat ke manajer aplikasi dan menekan tombol.

Sebagian besar ponsel andalan telah menjauh dari dukungan untuk fitur ini; ini lebih sering ditemukan pada perangkat keras kelas menengah ke bawah, tetapi ini sering kali merupakan perangkat yang dapat menggunakan penyimpanan ekstra.

Sayangnya, meskipun ponsel cerdas Anda mendukung fitur tersebut, tidak semua aplikasi mendukungnya. Aplikasi besar seperti game meninggalkan sebagian besar datanya di penyimpanan internal.

Misalnya, Asphalt 8 menempatkan hanya 64MB data pada kartu microSD sementara menyisakan 1,4GB yang tersisa untuk mengisi ponsel atau tablet Anda. Meskipun demikian, Anda dapat menghemat ruang dengan cara ini, terutama jika Anda memasang banyak aplikasi dan memindahkan sebanyak mungkin ke kartu microSD.

Baca juga – Cara Hapus Akun Tiktok Permanen dengan Cepat

Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD Menggunakan Manajer Aplikasi

1. Arahkan ke Pengaturan di ponsel Anda. Anda dapat menemukan menu pengaturan di laci aplikasi.

2. Ketuk Aplikasi.

3. Pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu microSD.

4. Ketuk Penyimpanan.

5. Ketuk Ubah jika ada. Jika Anda tidak melihat opsi Ubah, aplikasi tidak dapat dipindahkan. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi apa pun dengan opsi ini, kemungkinan perangkat Anda tidak mendukung fitur tersebut.

6. Ketuk Pindah.

Jika Anda ingin memindahkan aplikasi kembali ke memori internal, tekan tombol Ubah lagi dan pilih Penyimpanan Internal.

Gunakan Kartu SD sebagai Penyimpanan Internal

Baca juga – Aplikasi Adzan otomatis Terbaik untuk Android dan IOS

Jika perangkat Anda tidak mendukung pemindahan aplikasi ke kartu microSD, ada opsi lain, yang pertama kali diperkenalkan di Android Marshmallow , yang mungkin menjadi jawaban untuk Anda.

Fitur ini disebut Adoptable atau Flex Storage, dan memungkinkan Anda memformat kartu microSD agar berfungsi seperti penyimpanan internal tambahan. Sekali lagi, tidak semua perangkat dengan slot microSD akan mendukung fitur ini Motorola, Huawei dan Nvidia semuanya telah memilih untuk mengaktifkan Penyimpanan Fleksibel, sementara Samsung dan LG telah menghapusnya.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mengaktifkan fitur ini. Anda akan menginginkan kartu microSD tercepat yang dapat Anda temukan untuk memastikan kinerja yang mulus, setidaknya Kelas 10 atau UHS-I dan sebaiknya UHS-3.

Semua data yang ada di kartu microSD akan dihapus saat Anda memformatnya sebagai penyimpanan internal, dan sejak saat itu, data tidak akan dapat digunakan di perangkat lain (kecuali jika Anda memformatnya lagi).

Terakhir, ingatlah bahwa jika Anda melepas kartu microSD ini dari ponsel, Anda akan merusak fungsionalitas aplikasi atau konten apa pun yang Anda pindahkan.

1. Arahkan ke pengaturan pada ponsel Anda. Anda dapat menemukan menu pengaturan di laci aplikasi.

2. Ketuk Penyimpanan.

3. Pilih kartu SD Anda.

4. Ketuk tombol menu tambahan di sudut kanan atas.Advertisement

5. Pilih Storage Settings.

6. Ketuk Format sebagai Internal.

7. Ketuk Hapus & Format. Jika sistem menentukan bahwa kartu microSD Anda terlalu lambat, Anda akan diberi peringatan di sini bahwa itu akan menurunkan kinerja.

8. Ketuk Pindah sekarang. Setelah membuat pilihan, Anda akan mengetuk berikutnya dan memulai transfer ke kartu microSD Anda. Sistem akan menunjukkan secara kasar berapa lama transfer akan berlangsung dan berapa banyak data yang akan dipindahkan ke kartu SD Anda.

9. Ketuk Selesai.

Kartu SD Anda sekarang akan terdaftar tepat di bawah penyimpanan bersama internal dan sistem akan menggunakannya sebagai penyimpanan internal tambahan di masa mendatang.

Kesimpulan Singkat

Nah itu dia pembahasan singkat yang sudah kami rangkum dalam artikel kali ini dengan pembahasan tema yaitu dengan judul Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Jika kalian suka dengan rangkuman kami maka bolehlah sebarkan seluas-luasnya mulai dari media sosial seperti whatsapp, facebook, Instagram.

Jika kalian suka dengan rangkuman kami maka bolehlah sebarkan seluas-luasnya mulai dari media sosial seperti whatsapp, facebook, Instagram.

Semoga rangkuman kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dalam pembahasan yang berati ini, Dan sampai jumpa di next rangkuman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *