Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi
Advertisements

7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi  -Pernahkah Anda mengalami keyboard pada laptop yang tidak dapat berfungsi dengan beberapa huruf atau bahkan tidak berfungsi sama sekali? Pasti sangat menyebalkan, bukan? Anda tidak perlu panik dan segera membawanya ke servis karena Anda dapat dengan mudah memperbaiki sendiri keyboard laptop.

Ada dua jenis masalah keyboard laptop yang error dan tidak berfungsi. Yang pertama adalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian dari huruf, dan yang kedua adalah ketika keyboard tidak dapat berfungsi sama sekali.

Kedua masalah ini bisa menimpa semua merk laptop dari Asus, HP, Acer, Lenovo, Dell, Toshiba, dan lainnya. Masalah ini cukup sering dijumpai oleh pengguna laptop merk apapun.

Baca juga – Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot

7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Untuk mengatasinya, anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah masalah ini muncul karena faktor dari hardware atau software.

Kemudian pastikan keyboard laptop Anda tidak berfungsi penuh atau hanya sebagian dari huruf. Setelah itu, silakan ikuti beberapa solusi berikut di bawah ini.

1. Nyalakan kembali laptop

Memulai ulang laptop adalah salah satu solusi paling sederhana untuk memperbaiki kesalahan atau keyboard yang tidak berfungsi.

Terkadang kami tidak menyadari bahwa kami telah menonaktifkan keyboard sehingga tidak dapat digunakan. Atau ada kesalahan dari suatu aplikasi dan membuat keyboard tidak bisa berfungsi.

Coba matikan dulu laptopnya, kemudian tunggu beberapa menit dan restart laptop kamu.

2. Perbarui Driver Keyboard

Advertisements

Driver keyboard laptop yang diinstal tidak sesuai dengan versi yang sesuai, yang akan mengakibatkan keyboard laptop error dan tidak berfungsi sepenuhnya.

Cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi:

  1. Buka menu Start Windows.
  2. Buka Panel Kontrol> Perangkat Keras dan Suara> Pengelola Perangkat.
  3. Klik opsi Keyboard.
  4. Kemudian klik kanan driver dari keyboard laptop.
  5. Pilih opsi Update Driver.
  6. Tunggu hingga proses update driver selesai.
  7. Proses lengkapnya ditunjukkan dengan munculnya perintah restart

Selanjutnya, Anda harus merestart laptop, lalu menunggu laptop menyala kembali. Jika keyboard berfungsi kembali, maka masalahnya berasal dari driver yang sudah ketinggalan zaman.

3. Nonaktifkan Numlock

Jika Anda masih mengalami keyboard laptop tidak berfungsi melalui kedua cara di atas, maka pastikan apakah tombol num lock pada keyboard Anda aktif?

Jika demikian, kemungkinan besar tombol num lock membuat keyboard laptop Anda tidak berfungsi. Cukup matikan tombolnya, lalu coba tes apakah keyboard sudah kembali normal atau tidak.

4. Lepaskan Baterai Laptop

Listrik korsleting juga bisa menjadi faktor keyboard laptop tidak berfungsi. Cara memperbaiki keyboard laptop dalam hal ini adalah Anda harus melepas baterai pada laptop terlebih dahulu selama beberapa menit.

Setelah itu, pasang kembali baterai laptop dan hidupkan laptop Anda. Jika memang benar arus listrik masalahnya, keyboard sekarang akan berfungsi normal kembali.

5. Pulihkan Windows

Advertisements

Keyboard laptop yang tidak berfungsi secara tiba-tiba juga bisa diakibatkan karena kita tidak sadar ada perubahan setting pada laptop tersebut. Di Windows, Anda dapat dengan mudah memulihkan pengaturan sistem laptop.

  1. Klik menu Start Windows Anda.
  2. Kemudian masuk ke menu Control Panel.
  3. Buka Sistem dan Keamanan> Cadangkan komputer Anda.
  4. Klik Pulihkan pengaturan sistem atau komputer Anda.
  5. Terakhir, klik Buka Pemulihan Sistem.
  6. Selesai.

Perintah ini akan mengembalikan pengaturan windows Anda kembali ke pengaturan aslinya. Jika keyboard error karena kesalahan dalam pengaturan sistem, maka dengan solusi ini keyboard dapat berfungsi dengan normal kembali.

6. Hapus Kotoran dan Debu

Keyboard yang kotor dan berdebu dapat membuat fungsi keyboard tidak berfungsi dengan baik. Biasanya, keyboard yang kotor menyebabkan beberapa huruf tidak berfungsi.

Untuk cara memperbaiki kesalahan keyboard laptop akibat kotoran dan debu, maka anda harus membersihkannya dengan melepas komponen keyboard yang tidak berfungsi. Atau agar lebih maksimal, Anda bisa melepas semua komponen yang ada di keyboard laptop lalu membersihkannya.

7. Pergi ke Reparasi

Membawa laptop ke laptop atau tukang reparasi PC adalah solusi termudah dan paling umum. Solusi ini efektif jika Anda sama sekali tidak mengetahui dasar-dasar cara memperbaiki keyboard laptop.

Terlebih lagi jika Anda masih memiliki garansi laptop yang valid. Anda dapat membawanya ke pusat layanan laptop resmi, mereka akan memperbaiki keyboard laptop Anda dengan mudah.

Akhir Kata

Nah itu dia pembahasan singkat yang sudah kami rangkum dalam artikel kali ini dengan pembahasan tema yaitu dengan judul Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Jika kalian suka dengan rangkuman kami yang sudah kami tampilkan dalam ulasan kali ini. Maka kalian boleh menyebarkan artikel ini ke berbagai macam jenis akun media sosial anda.

Mulai dari aplikasi whatsapp, aplikasi telegram, aplikasi facebook, dan beragam jenis aplikasi media sosial lainnya bisa kalian manfaatkan. Untuk menyebarkan artikel kali ini.

Ya Semoga rangkuman kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dalam pembahsan singkat. Dan sampai jumpa di episode rangkuman atau artikel berikutnya Salam hangat dari Tim KepoWin

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.