KepoWin Teknologi Cara Mengatasi Laptop Panas Berlebihan atau Overheat

Cara Mengatasi Laptop Panas Berlebihan atau Overheat

Cara Mengatasi Laptop Panas Berlebihan

Cara Mengatasi Laptop Panas Berlebihan – Memiliki sebuah laptop dengan kondisi yang panas memang itu sangat menghawatirkan

Dalam melakukan berbagai macam jenis kegiatan seperti mengedit foto atau video, menyelesaikan tugas, bermain game dan sebaainnya.

Ada banyak sekali berbagai macam faktor penyebab utama laptop bisa mengalami panas secara berlebih.

Mulai dari terlalu lamanya bermain video game, menjalankan software yang sangat berat, kapasitas kepampuan laptop masih di bawah rata-rata dan yang lainnya.

Nah dengan adanya permasalhan seperti itu di dalam kesempatan rangkuman kali ini KepoWin akan memberikan tips.

Berup bagaimana Cara Mengatasi Laptop Panas Berlebihan yang bisa kalian lakukan dengan mudah tanpa bantuan orang lain.

Mau tau apa saja cara nya ? Yuk simak pembahasaan kali ini sampai habis.Kurangi Software yang Sedang Berjalan

Baca juga – Aplikasi belajar bahas asing terbaik

1. Kurangi Software yang Sedang Berjalan

Faktor pertama penyebab laptop mengalami panas secara berlebih atau overheat yaitu menjalankan beberapa software secara bersamaan.

Kenapa hal ini bisa terjadi ? sebab jika spesifikasi laptop kalian tidak terlalu kencang dalam artian kuat untuk membuka banyak software sebanyak mungkin.

Maka bisa dipastikan laptop kalian akan bekerja secara maksimal dan menimbulkan panas secara berlebihan.

Oleh karena itu salah satu tips untuk mencegah laptop mengalami panas atau overheat yaitu menutup beberapa software yang tidak kalian perlukan.

2. Mencari Virus dan Menghapusnya

Bisa dikatakan virus merupakan salah satu ancaman paling nyata dalam sebuah teknologi sekarang ini, salah satunya perangkat laptop.

Kenapa hal ini harus diperhatikan ? Sebab virus itu sendiri bekerja untuk merusak apa-apa saja yang dia bisa akses.

Salah satunya membuat laptop bekerja secara berlebihan untuk bisa menciptakan suhu yang panas di dalam laptop.

Untuk itu jika kalian pengguna laptop yang menggunakan laptop setiap hari dan sering membuka browsing kemana saja.

Maka alangkah baiknya kalian sesering mungkin melakukan scaning untuk memastikan apakah laptop yang dimiliknya terpapar virus atau tidak.

Baca juga – Cara memilih Ram yang benar

3. Memberikan Sirklus Udara ekstrenal

Hal yang bisa kalian lakukan dengan mudah yaitu memberikan udara sedingin mungkin kepada laptop yang kalian gunakan.

Kenapa bisa demikian ? Sebab jika kalian memberikan suhu yang dingin kepada laptop, maka secara otomatis laptop akan menuruhkan suhu.

Yang tadinya sangat panas menjadi normal atau seperti semula, dikarenakan efek udara dingin yang diterima oleh laptop.

Menimbulkan perubahan suhu secara teratur, Nah untuk tips ini kalia bisa menggunakan sarana kipas yang bisa kalian gunakan.

4. Menggunakan Colling Pad

Jika cara yang atas kurang maksimal dalam menurunkan suhu laptop yang panas berlebihan, maka selanjutnya kalian bisa menggunakan colling.

Apa itu Colling Pad ? Colling Pad merupakan salah satu alat yang bekerja untuk bisa mengambil suhu yang panas secara belebih untuk bisa keluar secepat mungkin.

Mungkin konsep ini menyerupai dengan vacum cleaner yang mungkin pernah kalian dengar ataupun kalian miliki.

Soal harga ? pada umunya colling pad yang tersedia di toko online ataupun offline memberikan harga yang cukup murah mulai dar 40.000 ribu hinga 100.000 ribu tergantung kemampuan yang dibekali nya.

5. Memeriksa Kinerja Fan

Nah kalau kalian mempunyai laptop yang sudah cukup lama ataupun berumur maka sebaiaknya kalian ikut tips yang satu ini.

Kenapa hal ini harus di ikuti ? Sebab terkadang laptop yang sudah lama dan sering digunkan ada beberapa komponen yang bekerja sudah maksimal.

carSalah satu nya Fan yang ada di laptop yang kalian miliki, Tapi tunggu dulu apakah kalian tau apa itu Fan.

Secara singkatnya Fan merupakan salah satu kipas yang ada di laptop yang fungsinya untuk mendingkan suhu dan mengeluarakan suhu panas yang sudah di hasilkan oleh laptop.

Oleh karena itu komponen harus kalian perhatikan dalam memakai sebuah laptop, Untuk itu pastikan Fan laptop kalian masih bisa bekerja secara baik dalam menurunkan suhu laptop.

6. Memperhatikan Posisi Laptop.

Berbeda dengan komputer yang memiliki komponen yang berbeda, Laptop sendiri sudah satu set dengan keyboar, monitor, cpu, dan lainnya dalam satu kondisi.

Oleh karena itu memperhatikan posisi laptop dalam menjalankan atau membuka software sangat penting dalam mencegah terjadinya Overheat.

Kenapa hal ini bisa terjadi ? Sebab jika kalian menaruh laptop secara sembarangan dan tutup lubang fan terhamabt karena permukan yang tidak sesuai.

Maka bisa dipastikan laptop kalian akan mengalami insiden overhaeat secara lama dan berangsungur-angsur jika hal ini sering kalian lakukan.

Karena fungi dari lubang yang tersusun secra banyak dan terarut itu di khusukan untuk mengeluarkan suhu panas yang di dalam laptop untuk bisa keluar sesegera mungkin.

Nah apabila lubang tersebut tertutp dikarenakan permukaan yang menutup lubang tersebut maka bisa dipastikan laptop kalian akan terasa cepat panas.

Oleh karena itu untuk mencegah cari ini kalian harus memperhatikan daam meletakan laptop sebaik mungkin untuk terhindar dari yang namanya Overheat.

7. Pantau Suhu Laptop Dengan Software

Untuk melihat suhu laptop secara akurat maka kalian bisa menggunakan beberapa jenis software yang bekerja untuk memantau suhu laptop yang sudah di hasilkan.

Kenapa hal ini harus di prioritaskan ? Sebab jika kalian tau laptop sudah mengalami panas yang berlebih maka kalian melakukan cara yang baik untuk kedepannya.

8. Membersihkan Filter Udara

Di dalam fan laptop terdapat sebuah kipas dan juga beberapa penyaring filter yang berguna untuk mendingkan laptop secapat mungkin.

Nah untuk itu sebaiknya kalian membongkar laptop kalian dalam kegiatan untuk membersihkan filter fan dan juga kipas dari berbagai macam debu yang ada.

9. Memeriksa Thermal Paste

Kegunaan Thremal Paste yaitu bekerja untuk bisa mengantarkan suhu panas ke komponen fan untuk secepat mungkin mendinginkannya.

Nah apabila kondisi dari Thermal Paste itu sudah habs atu sudah kering maka bisa dipastikan penghantar suhu panas ke fan akan tidak bekerja secar optimal.

Untuk itu sebainya kalian memeriksa beberapa bulan sekali terhadap Thermal Paste yang kalian gunakan.

10. Matikan Laptop Kalian

Nah jika kalian sudah cukup lama menggunakan laptop dalm keperluan berbagai macam kegiatan.

Maka alangkah baiknyaa kalian mematikan laptop secapat mungkin untuk bisa menurnukan suu dengan kondisi yang aman dan kembali seperti semula.

Kesimpulan Singkat

Nah itu dia pembahasan singkat yang sudah kami rangkum dalam artikel kali ini dengan pembahasan tema yaitu dengan judul Cara Mengatasi Laptop Panas Berlebihan.

Jika kalian suka dengan rangkuman kami maka bolehlah sebarkan seluas-luasnya mulai dari media sosial seperti whatsapp, facebook, Instagram.

Dan beragam hal yang lainnya sebagai apresasi kalian di dalam membaca rangkuman admin yang sudah kami buat selama ini.

Semoga rangkuman kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dalam pembahasanang berarti ini.

0/5 (0 Reviews)
10 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *