Daftar Gunung Api di Indonesia yang Berstatus Siaga, Ada Gunung Salak?

Gambar Gravatar

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur naik status dari awal level 2 atau siaga menjadi level 3 atau naik status Semeru hingga sekarang terhitung 16-12-2017 pukul 23.0 WIB Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono mengatakan Statusnya meningkat.

Hal ini disebabkan semakin jauhnya jarak aliran lahar dan aliran lahar. Puncak Semeru Hai dengan naiknya status Semeru, jumlah gunung berapi yang berstatus siap pakai di Indonesia menjadi empat.

Gunung Merapi pertama yang terletak di Kabupaten Sleman Kabupaten Boyolali dan Klaten berpotensi berbahaya di Merapi kini aliran lahar dan awan panas di sektor Tenggara.

Kilometer menuju Sungai Gendol Uning Boyong Bedog setelah mengitari Babang dan Putih, namun material vulkanik yang terlempar jika terjadi letusan bisa mencapai radius tiga kilometer dari puncak masyarakat juga mengimbau untuk tidak melakukan aktivitas di kawasan tersebut berpotensi berbahaya.

Lahar terutama saat hujan di sekitar Gunung Merapi Gunungkidul Lewotolok yang berada di Lembata Nusa Tenggara Timur juga berstatus komunitas di sekitar Gunung Ile Lewotolok dan pengunjung diajak untuk beraktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak atau kawah gunung lewotolo bagi masyarakat jontona selalu waspada terhadap potensi ancaman longsor material berbahaya dari Gunung Lewotolo bagian timur.

Wisatawan diimbau untuk menghindari aktivitas di desa-desa yang dievakuasi. Selain itu, disarankan untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius satu kilometer dari puncak Gunung Sinabung dengan sektor radio sepanjang 5 km untuk sektor selatan dan 4 KM untuk sektor Timur Laut dan Barat Daya.