KepoWin Teknologi Mengenal Sistem Operasi Kali Linux yang Harus kalian ketahui

Mengenal Sistem Operasi Kali Linux yang Harus kalian ketahui

Mengenal Sistem Operasi Kali Linux – Kali Linux adalah distribusi Linux modern yang canggih yang ditujukan untuk penguji penetrasi dan pakar keamanan secara mendalam.

Ini adalah sistem berbasis Debian yang dikembangkan dan dikelola oleh Offensive Security , pelopor industri keamanan informasi. Kali adalah turunan dari BackTrack , distribusi fokus keamanan yang populer tetapi sekarang sudah tidak muncul lagi.

Namun suncul dengan seperangkat alat canggih yang berfokus pada keamanan seperti Nmap , Aircrack-ng, dan Wireshark.

Nah dengan begitu di dalam kesempatan rangkuman kali ini KepoWin akan memberikan informasi Mengenal Sistem Operasi Kali Linux yang harus kalian ketahui.

Nah mau apa saja informasi seputar Linux ? Yuk simak pembahasan kali ini sampai habis, Selamat membaca.

Fakta Penting tentang Kali Linux

Kali linux telah menjadi platform de-facto bagi para profesional keamanan karena sejumlah alasan. Ini mencakup sebagian besar alat yang diperlukan dalam pengujian penetrasi modern , seperti alat untuk pengintaian dan pengiriman muatan melalui jaringan.

Di sini Anda akan mempelajari dasar-dasar Kali dan alasan di balik popularitasnya yang terus berkembang dari panduan ini singkat kali ini.

1. Asal

Baca juga – Aplikasi Mengirim sms Secara Gratis ke Semua Operator

Pengembang Kali Linux membuatnya sebagai pengganti distribusi BackTrack sebelumnya. BackTrack adalah platform yang kuat yang menyediakan alat yang diperlukan untuk pengujian penetrasi yang sukses dan didasarkan pada Knoppix Linux.

Kali linux adalah perombakan BackTrack yang dibangun di sekitar Debian dan menyediakan serangkaian fitur tambahan yang kuat. Kali linux dikembangkan untuk memberikan pengalaman desktop Linux yang lengkap, sedangkan BackTrack dimaksudkan sebagai Live OS.

Namun, Anda juga dapat menggunakan Kali sebagai live OS seperti distribusi Linux standar lainnya dan mem-boot-nya dengan cepat menggunakan CD, DVD, atau USB flash drive.

Ini telah menjadi kesuksesan besar bagi para pengembang dan diunduh lebih dari 100.000 kali selama minggu pertama rilisnya. Pengembang secara aktif mengerjakan OS ini dan meluncurkan fitur baru cukup sering.

2. Sasaran Para Pengguna

Baca juga – Aplikasi Menurunkan Berat Badan Terbaik untuk Android

Kali menawarkan build desktop yang berfungsi penuh yang dapat digunakan oleh siapa saja. Namun, ini terutama ditujukan untuk para profesional yang secara aktif bekerja di industri keamanan informasi.

Meskipun dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna rumahan, editor kami merekomendasikan hal ini karena sebagian besar alat yang menyertainya memerlukan hak istimewa yang ditingkatkan.

Dan umumnya dianggap sebagai ide yang buruk untuk mengoperasikan mesin Anda sebagai pengguna root kecuali Anda tahu persis apa yang Anda lakukan.

Kesalah pahaman umum tentang Kali adalah bahwa ini adalah distribusi peretasan. Ini sepenuhnya salah karena Kali hanyalah OS dengan alat keamanan umum.

Sebagian besar alat ini dapat diinstal di distro Linux tradisional mana pun dan akan menyediakan operasi yang sama. Kali hanya menggulungnya yang sudah terpasang untuk membantu pakar keamanan menghemat waktu dan energi mereka yang berharga.

Itu tidak menyediakan fasilitas klik-dan-retas. Anda harus melakukan ini dengan cara kuno, dan alur kerja akan sama di sistem lain.

3. Instalasi

Baca juga – Aplikasi Pelacakan Badai Terbaik Untuk Android dan IOS

Anda dapat menginstal Kali OS di platform x86, x86-64, dan ARM tradisional. Ini adalah distribusi open-source yang menawarkan image ISO siap pakai bersama dengan image untuk perangkat berbasis VMware dan ARM.

Namun, Anda harus selalu mengunduh gambar yang diperlukan dari sumber resmi dan memverifikasi checksum SHA256 untuk memastikan gambar tidak dirusak.

Pemula sering membuat kesalahan dengan mengunduh ISO dari sumber pihak ketiga dan membuat sistem mereka rentan untuk diserang.

Kali memiliki footprint memori sedang dan membutuhkan sekitar 3 gigabyte ruang disk kosong untuk proses instalasi. Anda dapat menjalankannya di mesin lama yang memiliki RAM serendah 512MB. Namun, Anda harus menginstalnya pada drive SSD dan memiliki setidaknya 2GB RAM jika Anda mencari pengalaman desktop yang lancar.

4. Release Cycle

Kali membahas beberapa masalah utama yang terkait dengan distribusi keamanan khusus melalui penerapan model rilis bergulir. Ini mirip dengan sistem seperti Arch dan Gentoo.

Di mana paket sistem sering menerima pembaruan dengan perbedaan kecil. Ini membantu Kali untuk memastikan bahwa pengguna selalu memiliki alat keamanan terbaru di samping menambal bug yang baru ditemukan.

Meskipun banyak orang cenderung tidak menyukai model rilis ini karena jumlah pembaruan yang tampaknya tak ada habisnya, ini membantu profesional keamanan menjaga platform mereka tetap mutakhir.

Selain itu, Kali menawarkan versi pengembangan yang menggabungkan cabang kali-dev-only , debian-testing , dan kali-debian-picks . Versi lain termasuk cabang kali-last-snapshot , kali-eksperimental , dan kali-perdarahan-edge .

Jadi, Anda dapat memilih rilis yang sesuai berdasarkan kebutuhan Anda dengan cukup mudah. lihat di halaman ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang rilis tertentu.

5. Lingkungan Desktop

Baca juga – Aplikasi Chattingan Terbaik Untuk Pengguna Android

GNOME adalah lingkungan desktop default untuk Kali Linux hingga tahun lalu ketika dialihkan ke XFCE. Meskipun Anda masih dapat mengambil gambar berbasis GNOME.

Pengguna baru didorong untuk mengunduh gambar secara default. Lingkungan baru berbasis XFCE ini membuat peningkatan yang signifikan dari yang terakhir dalam hal kinerja dan pengalaman dan juga penggunaan.

Versi GNOME sering kali menghambat pengalaman bahkan pada mesin yang paling sederhana. Untungnya, ini telah berhasil diselesaikan dengan sistem opsi baru.

Selain itu, Kali juga menawarkan lingkungan KDE untuk pengguna Linux berpengalaman dengan akses ke mesin yang lebih canggih. Jika Anda penggemar aplikasi keren dan kemampuan penyesuaian tak terbatas, patut sekali untuk dicoba. Anda juga dapat memilih dari Cinnamon, MATE, dan lingkungan LXDE. Jadi Kali pasti menutupi celah ini dengan cukup baik.

6. Manajemen Paket

Kali menggunakan pengelola paket berbasis Debian dpkg . Jadi, Anda dapat dengan mudah menginstal aplikasi baru yang menawarkan file .deb yang dapat dieksekusi. Menginstal paket yang tidak menyediakan file .deb bisa jadi rumit bagi pengguna baru.

Namun, mereka masih dapat mengkompilasi paket dari sumber menggunakan alat pengembangan Linux standar seperti make dan install. Anda dapat menginstal file RPM menggunakan alat seperti ” alien ” yang mengubah paket RPM menjadi paket DEB.

Perintah apt memungkinkan pengguna untuk mencari dan menginstal paket Linux favorit mereka langsung dari terminal. Perangkat lunak grafis seperti Synaptic Package Manager juga tersedia seperti di distribusi lain.

Kami selalu menyarankan pengguna untuk menginstal versi stabil Kali jika mereka menginginkan pembaruan paket tanpa gangguan tanpa gangguan konfigurasi.

Namun, Anda tidak boleh menambahkan sumber tidak resmi ke file /etc/apt/sources.list Anda, dan Anda dapat dengan mudah mengacaukan sistem Anda. Baik Debian dan Kali merekomendasikan ini kepada para pengguna.

7. Driver dan Firmware

Kalian sedang baca – Mengenal Sistem Operasi Kali Linux

Satu kelemahan yang dicatat dari Kali Linux adalah ia gagal secara signifikan dalam hal mendukung driver dan firmware. Meskipun para pengembang selalu berusaha untuk menggulung dukungan untuk driver yang lebih baru.

Ini terbukti sebagai pekerjaan yang sulit. Satu masalah penting yang dihadapi pengguna adalah masalah berulang dengan driver nirkabel. Terkadang Anda bahkan mungkin perlu menginstal firmware tertentu untuk mengatasi masalah dengan driver yang tidak kompatibel.

Anda mungkin juga menghadapi masalah dengan driver GPU. Meskipun pengembang Kali mencoba mendukung kartu Nvidia komersial, Anda akan sering mengalami masalah kompatibilitas.

Namun, karena target pengguna Kali adalah penguji penetrasi dan pakar keamanan, mereka seringkali tidak memerlukan dukungan GPU sama sekali. Tetapi jika Anda seorang gamer, terkadang hal itu bisa sangat membuat frustrasi.

8. Kompatibilitas Windows

Meskipun sulit untuk menemukan penguji penetrasi sebenarnya yang menggunakan Windows sebagai sistem utama mereka, banyak orang akan dengan senang hati mengakses alat dan fitur Kali dari workstation Windows mereka. Untungnya, WSL (Windows Subsystem for Linux) yang baru dikembangkan memungkinkan pengguna melakukan hal ini.

Ini adalah lapisan kompatibilitas untuk Windows, yang memungkinkan pengguna menjalankan Linux yang dapat dieksekusi langsung dari sistem Windows 10 mereka.

Kali memberikan dukungan yang baik untuk lapisan ini dan memungkinkan para profesional untuk menggunakan aplikasi yang diinstal di Kali over WSL.

Anda dapat menemukan beberapa dokumentasi bagus yang akan memandu Anda melalui konfigurasi lingkungan dari situs web mereka.

Namun, Anda harus ingat bahwa dengan menggunakan fitur ini, Anda mungkin meledakkan beberapa fungsi lanjutan Kali. Tetapi ini adalah solusi yang berhasil untuk orang-orang yang benar-benar membutuhkannya.

9. Dukungan Virtualisasi

Kalian sedang baca – Mengenal Sistem Operasi Kali Linux

Virtualisasi adalah metode menggunakan platform virtual untuk menjalankan layanan komputer yang menuntut banyak. Dukungan virtualisasi Kali mencakup kemampuan untuk berada di dalam mesin virtual Linux , image ISO yang dibuat sebelumnya untuk VMware, VirtualBox, Hyper-V, dan Vagrant.

Bersama dengan dukungan untuk platform containerization seperti Docker dan LXC. Jadi, Anda dapat menginstal Kali Linux di platform standar apa pun yang mengandalkan virtualisasi tanpa menghadapi masalah tambahan.

VMware tentunya merupakan pilihan terbaik bagi para profesional yang bekerja dengan sistem berkinerja tinggi. Kali menawarkan dukungan yang sangat baik untuk open-vm-tools (OVT) bersama dengan aplikasi penting lainnya. Selain itu, ketersediaan gambar resmi untuk Docker dan LXC menghemat waktu yang signifikan bagi para profesional keamanan.

10. Dukungan Kali Linux

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Kali mendukung berbagai perangkat tertanam berbasis ARM seperti Raspberry Pie, Beaglebone, Odroid, HP & Samsung Chromebook, dan banyak lagi.

Admin dapat memilih dari sejumlah gambar ringan untuk menyiapkan platform Kali yang sederhana namun. Selain itu, dukungan untuk perangkat tertanam baru semakin meningkat setiap hari.

Jadi, Anda dapat dengan mudah mengatur sistem Kali berbiaya rendah yang memungkinkan Anda melakukan semua pekerjaan terkait keamanan dari lokasi terpencil atau dari kenyamanan rumah Anda.

Selain itu, Kali sekarang mendukung sistem operasi Android melalui aplikasi Linux Deploy dan Kali Linux NetHunter ROM . Ini adalah overlay Android khusus yang dibangun di atas proyek ASOP dan menyediakan serangkaian fitur Kali dan alat keamanan serbaguna.

11. Privasi & Permusuhan

Kali sangat tenang dengan desain. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa para ahli keamanan menggunakan ini daripada distribusi Linux tradisional.

Distribusi standar biasanya mengirimkan paket jaringan melalui jaringan pada interval reguler dan mungkin memiliki beberapa layanan yang tidak terpantau yang berjalan di port yang berbeda.

Dengan demikian, mereka rentan terhadap pemindaian jaringan dan kehilangan permusuhan yang didambakan oleh profesional keamanan dan pengguna jahat.

Para ahli juga dapat mengandalkan metode enkripsi canggih Kali untuk menjaga mesin dan data mereka tetap aman. Anda bahkan dapat mengenkripsi Kali OS yang dapat di-boot jika Anda mau.

Jadi secara keseluruhan, Kali adalah pilihan yang sangat baik untuk peneliti keamanan dan pengguna yang peduli privasi.

12. Kustomisasi

Meskipun sebagian besar distribusi Linux sangat dapat disesuaikan, Kali membawa ini ke tingkat yang baru. Ini memungkinkan kami untuk membangun sistem yang dipersonalisasi dengan mengubah sumber dan membuat ISO kustom.

Anda hanya dapat memilih untuk menyimpan paket yang dibutuhkan oleh pekerjaan Anda dari 600 plus alat keamanan yang tersedia yang ditawarkan Kali.

Kami telah membahas lingkungan desktop, yang memungkinkan pengguna membuat pengalaman pengguna yang dipersonalisasi dengan sangat mudah.

Anda juga akan memiliki wewenang untuk membangun kembali paket sumber, kernel Kali Linux, dan menyiapkan chroot Kali ARM kustom. Situs web Kali memiliki beberapa dokumentasi yang sangat baik untuk membantu pengembang memulai upaya penyesuaian mereka.

Anda juga dapat menemukan alat dan sumber tambahan untuk mempelajari metode modifikasi lanjutan.

13. Dokumentasi

Dokumentasi yang baik sangat penting untuk distribusi Linux khusus seperti Kali. Untungnya, para pengembang mengetahui hal ini dan menyediakan beberapa sumber daya bagus yang berisi informasi mendetail tentang topik penting.

Kami sangat menyukai cara sumber daya ini dibuat dan dapat mengatakan dengan yakin bahwa ini akan membantu Anda mempelajari Kali lebih cepat.

Selain itu, ada sejumlah besar video tutorial serta resep panduan Kali dari publikasi terkenal yang mengajarkan banyak fitur kompleks Kali. Jika Anda adalah seorang profesional keamanan berpengalaman yang ingin menguasai fungsi Kali tingkat lanjut, Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan berkonsultasi dengan beberapa sumber berikut.

14. Dukungan Komunits

Kali memiliki komunitas yang berkembang dengan para ahli keamanan yang selalu bersedia membantu orang dengan masalah mereka.

Perkembangan komunitas ini sudah ada sejak BackTrack dan menawarkan saran yang sangat baik untuk memulai penguji penetrasi. Tim Keamanan Serangan memelihara situs web resmi Kali, blog, forum, saluran IRC, repositori Git, dan pelacak bug untuk Kali bersama dengan umpan media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Kami sangat menyarankan Anda berkonsultasi dengan anggota komunitas setiap kali Anda terjebak pada suatu masalah. Tidak peduli apakah masalah muncul dari perangkat keras yang tidak kompatibel atau kesalahan konfigurasi sistem, Anda kemungkinan besar akan mendapatkan jawaban ahli berdasarkan fakta.

Bersikaplah sederhana dan beri tahu mereka bagaimana masalah itu terjadi dan langkah apa yang Anda coba untuk menyelesaikannya. Anda akan mendapatkan solusi yang berfungsi bahkan sebelum Anda mengetahuinya.

15. Fitur Khusus

Kali menawarkan banyak fitur tambahan yang tidak ada dalam distribusi Linux tradisional. ISO of Doom adalah contoh luar biasa dari fitur Kali khusus.

Ini adalah resep lanjutan untuk membuat gambar khusus yang dapat dipasang sendiri secara otomatis, membalikkan sambungan otomatis VPM, dan membuat jembatan jaringan, satu sama lain.

Persistensi USB langsung multi-level memungkinkan pengguna membuat drive Kali yang dapat di-boot dengan dukungan untuk beberapa profil terenkripsi.

Koleksi paket meta Kali menawarkan alat untuk membangun lingkungan sistem yang diminimalkan dengan cepat. Pengguna juga dapat mengatur versi cloud Kali di Amazon Elastic Compute Cloud menggunakan gambar AWS Amazon EC2.

Beberapa fitur penting lainnya termasuk aksesibilitas untuk pengguna tunanetra atau tunanetra dan mode forensik yang dapat di-boot.

Kesimpulan Singkat

Nah itu dia pembahasan singkat yang sudah kami rangkum dalam artikel kali ini dengan pembahasan tema yaitu dengan judul Mengenal Sistem Operasi Kali Linux yang Harus kalian ketahui.

Jika kalian suka dengan rangkuman kami maka bolehlah sebarkan seluas-luasnya mulai dari media sosial seperti whatsapp, facebook,

Dan beragam hal yang lainnya sebagai apresasi kalian di dalam membaca rangkuman admin yang sudah kami buat selama ini.

Semoga rangkuman kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dalam pembahasan yang berarati ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *