Penyebab Ram Berkurang Pada Laptop

Penyebab Ram Berkurang Pada Laptop.jpg

Penyebab Ram Berkurang Pada Laptop – Pada dasaranya Ram merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menunjang aktifitas khusunya di Laptop.

Ada banyak sekali berbagai macam merek jenis Ram dengan mengusung beragam varian seperti Ram 16Gb, 8Gb, 4GB dan juga 2Gb yang bisa kalian beli.

Namun terkadang ada beberapa faktor kendala Ram laptop tidak bekerja secara maksimal salah satunya jumlah Ram yang berkurang.

Nah oleh karena itu di dalam kesempatan rangkuman kali ini KepoWin akan membahas Penyebab Ram Berkurang Pada Laptop.

Mau tau apa saja penyebabnya ? Yuk simak sampai habis.

Baca juga – Cara Cek Smartphone Yang Bisa Di Pasang Gcam

1. Ram Kotor

RAM yang kotor biasa nya bisa menyembabkan kurang baiknya kinerja data dari RAM itu sendiri, sehinga kapasitas yang telah tersedia di Ram secara otomatis akan berkurang.

Oleh sebab itu sebelum kalian memasang Ram pada laptop kalian, maka sebaiknya kalian harus memberiskan socket kuning yang ada di ujung ram.

Dan untuk memberiskan Ram laptop kalian maka sebaiknya menggunakan media penghapus yang berbahan karet.

2. Limit Support RAM pada Laptop

Pada dasarnya setiap laptop memiliki batasan Ram yang tergolong cukup berbeda-beda, sesuai dengan spesifikasi kinerja laptop yang di milikinya.

Sebagai contoh jika kalian memasangasebuah Ram berkapasitas 16GB merek V-Gen di laptop Acer merek lama.

Maka secara otomatis laptop Acer tersebut hanya akan bisa terbaca sebanyak 4GB saja, Itu di sebabkan adanya Limit Support Ram yang hanya bisa membaca 4GB saja.

Oleh karena itu sebaiknya jika kalian mau membeli sebuah Ram laptop baru maka kalian juga harus mengecek juga Limit Support Ram pada laptop yang kalian miliki.

Baca juga – Aplikasi Perekam Layar Terbaik

3. Ram Rusak

Permasalahan berikutnya penyebab Ram laptop bisa berkurang yaitu Ram yang dimilikinya memiliki sebuah kerusakan yang sangat fatal.

Faktor yang satu ini bisa dibilang cukup jarang sekali terjadi pada generasi Ram akhir-akhir ini, Kenapa demikian.

Sebab pada umunya Ram yang rusak hanya terjadi pada pengguna yang ceroboh dalam pemakaian ataupun pemasangan Ram

4. Limit Support RAM pada Sistem Operasi yang digunakan

Untuk kasus seperti ini bisa terjadi pada Sistem Operasi yang digunakan di laptop kalian dan kasus ini berbeda dengan sebelumnya.

Sebagai contoh jika Sistem Operasi Laptop kalian Win 7 32 Bit maka batasan Ram laptop pada umunya hanya bisa terbaca sebanyak 4GB.

Di bandingkan dengan Laptop Win 10 64 Bit maka bisa menampung 4GB lebih terkandung spesifikasi hardare yang di gunakan.

Oleh sebab itu jika kalian ingin mempunya kapasitas laptop ang besara maka sebaiknya memilih Sistem Operasi yang terbaru seperti Windows 10 64 bit.

Baca juga – Aplikasi Belajar Cocok Tanam

5. Menggunakan Dua Module Ram.

Pada umunya generasi Laptop sekarang ini memilik socket atau penampung Ram berjumlah dua socket.

Socket-socket ini bisa menampung dua Ram sekaligus sebagai contok socket pertama di isi 4Gb dan socket kedua di isi 8Gb maka Ram yang dihasilkan sebanyak 12GB yang digunakan.

Kenapa faktor yang satu ini bisa terjadi pengurangan Ram laptop ? Salah satu hal penyebab utama berkurang nya Ram adalah.

Di salagh satu socket Ram yang digunakan memiliki permasalhan yang sangat berata salah satunya Ram Rusak atau kotor.

Oleh karena itu Ram yang di hasilkan di laptop akan menampilkan performa yang tidak sesuai dengan kapasita Ram yang digunakan.

Oleh sebab itu sebaiknya jika kalian mau memasang dua socket Ram sekaligus maka sebaiknya bersihkan terlebih dahulu mulai dari Ram dan juga Socket penampung nya.

Kesimpulan Singkat

Nah itu dia pembahasan singkat yang sudah kami rangkum dalam artikel kali ini dengan pembahasan tema yaitu dengan judul Penyebab Ram Berkurang Pada Laptop.

Jika kalian suka dengan rangkuman kami maka bolehlah sebarkan seluas-luasnya mulai dari media sosial seperti whatsapp, facebook, Instagram.

Dan beragam hal yang lainnya sebagai apresasi kalian di dalam membaca rangkuman admin yang sudah kami buat selama ini.

Semoga rangkuman kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dalam pembahasan yang berarti.