KepoWin Teknologi Waktu yang Tepat Upload TikTok Agar FYP

Waktu yang Tepat Upload TikTok Agar FYP

Waktu yang Tepat Upload TikTok

Waktu yang Tepat Upload TikTok – Jika Anda mencoba mengembangkan pengikut TikTok Anda, Anda mungkin bertanya-tanya, “Kapan waktu terbaik untuk memposting di TikTok?”

Tetapi ini adalah pertanyaan yang sulit untuk bisa dijawab – di karenakan aplikasi TikTok bergerak cepat. Dari segi algoritma, sistem dan sebagai nya.

Platform ini sekarang memiliki 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia – dan terus bertambah. Generasi Z yang menggunakan platform ini telah menjadi bintang global dalam semalam. Dan tren TikTok bergerak dengan kecepatan yang luar biasa di beragam negara salah satunya negara indonesia.

Alhasil, taktik pertumbuhan TikTok terus berubah dan berkembang. 

Tetap saja, sedikit strategi lebih baik daripada tidak ada strategi, bukan? Terutama ketika Anda dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan menumbuhkan followers Anda dengan berbagi konten ketika sebagian besar audiens Anda sedang online.

Pada artikel ini, kami akan berbagi dengan Anda penelitian terbaru tentang waktu terbaik global untuk memposting di TikTok. Anda juga akan belajar cara menggunakan analitik TikTok untuk menemukan waktu terbaik untuk memposting di TikTok untuk audiens Anda.

Kedengarannya bagus? Mari simak sampai habis, Dan selamat membaca sobat KepoWin

Baca Juga – Cara Masuk FYP TikTok

Kapan Waktu yang Tepat Upload TikTok pada tahun Ini ?

Secara umum, waktu terbaik global untuk memposting di TikTok adalah jam 6 hingga 10 pagi, dan 7 hingga 11 malam, dalam Waktu Indonesia Barat  (WIB).

Influencer Marketing Hub melakukan studi terhadap lebih dari 100,00 postingan untuk menjawab pertanyaan, “Kapan waktu terbaik untuk memposting di TikTok?” 

Mereka menemukan waktu terbaik untuk memposting setiap hari dalam seminggu. Berikut hasil yang ditulis dalam Waktu Indonesia Barat  (WIB):

  • Sen : 06.00 / 10.00 / 22.00
  • Sel : 2 pagi / 4 pagi / * 9 pagi
  • Rabu : 07.00 / 08.00 / 11.00
  • Kam : 9 pagi / * 12 siang / 7 malam
  • Jum : * 5 pagi / 1 siang / 3 sore
  • Sabtu : 11 pagi / 7 malam / 8 malam
  • Minggu : 7 pagi / 8 pagi / 4 sore

(* Waktu yang ditandai dengan asterisk menawarkan tingkat keterlibatan yang sangat tinggi.)

Studi tersebut menemukan bahwa tingkat keterlibatan tertinggi terjadi pada jam 9 pagi pada hari Selasa, jam 12 malam pada hari Kamis, dan jam 5 pagi pada hari Jumat.

Berikut ilustrasi visual untuk memudahkan memahami waktu terbaik global untuk memposting di TikTok pada tahun 2021:

Ingat, waktu-waktu ini dalam Waktu Indonesia Barat  (WIB). Jadi, Anda harus menggunakan alat konversi untuk mengetahui waktu terbaik untuk mengunggah video di TikTok tempat audiens Anda berada.

Tapi bagaimana Anda tahu persis di mana audiens Anda berada? Teruslah membaca artikel ini untuk mencari tahu.

Waktu yang Tepat Upload TikTok

Waktu yang Tepat Upload TikTok adalah tempat yang sangat baik untuk memulai. Namun kenyataannya, setiap kreator, influencer, atau brand akan memiliki waktu terbaik yang sedikit berbeda untuk memposting di TikTok.

Mengapa? Setiap pembuat dan pengikut berbeda! Lokasi, minat, usia, dan jenis kelamin target audiens Anda semua akan berperan.

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan persaingan dan Anda serius ingin menemukan waktu terbaik untuk memposting di TikTok, ada beberapa cara untuk melakukannya – dan artikel ini akan menunjukkan caranya.

Baca Juga – Apa itu Violation TikTok? Begini Cara Mengatasinya

Cara Menemukan Waktu yang Tepat Upload TikTok

TikTok menyediakan cara untuk menemukan banyak info tentang konten dan pengikut Anda – di mana info ini? Dalam analisis TikTok.

Meskipun bukan ilmu pasti, semua yang Anda butuhkan untuk mengetahui waktu terbaik untuk memposting video TikTok ditampilkan di analitik akun Anda – termasuk informasi terperinci tentang kapan audiens Anda paling aktif.

Jadi, bagaimana Anda bisa mengakses analitik TikTok?

Langkah 1: Dapatkan Akun Pro untuk Mengakses TikTok Analytics

Sebelum Anda dapat melihat analitik Anda, Anda perlu meningkatkan ke akun TikTok Pro – ini hanya membutuhkan waktu satu menit.

Mari kita jalankan cara mendapatkan akun TikTok Pro, langkah demi langkah. 

  • Pertama, ketuk tiga titik yang menunjukkan menu di kanan atas profil Anda.
  • Selanjutnya, ketuk “Kelola akun saya”.
  • Dari sini, ketuk “Beralih ke Akun Pro” untuk memulai proses.
  • Pilih jenis akun Anda dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan prosesnya. 

Setelah selesai, Anda akan dikirim kembali ke menu akun Anda, dan Anda akan menerima pemberitahuan yang mengklarifikasi bahwa Anda telah meningkatkan ke akun TikTok pro.

Pada tahap ini, Anda akan dapat melihat item menu baru yaitu Analytics!

Langkah 2: Biasakan diri Anda dengan TikTok Analytics

Sebelum melanjutkan, mari luangkan waktu sejenak untuk memahami alat analytik. 

Di bagian analytics, Anda akan menemukan tiga tab:

  • Overview : Tab ini memberikan gambaran luas dari tampilan video, pengikut, dan tampilan profil Anda.
  • Content : Di sini, Anda dapat menemukan metrik pada postingan Anda, seperti penayangan, suka, komentar, dan waktu tonton rata-rata.
  • Followers: Tab ini memungkinkan Anda menemukan informasi tentang pertumbuhan pengikut Anda, konten apa yang mereka gunakan, dan di mana mereka berada.

Langkah 3: Cari Tahu Lokasi Audiens Anda

Waktu terbaik untuk memposting di TikTok terutama bergantung pada lokasi audiens Anda. Jadi itulah yang akan kita periksa dulu.

Buka tab Pengikut dan gulir ke bawah untuk melihat wilayah teratas. Bagian ini memudahkan untuk mempelajari di mana basis pengikut Anda.

Setelah Anda mengetahui di mana sebagian besar pengikut Anda berada, Anda dapat menggunakan waktu terbaik untuk memposting video di TikTok untuk bisa memprediksi kapan audiens Anda kemungkinan besar akan online.

Langkah 4: Temukan Kapan Pengikut Anda Paling Terlibat

Anda dapat memperoleh lebih banyak wawasan tentang waktu terbaik untuk memposting di TikTok dengan mengidentifikasi kapan audiens Anda paling terlibat.

Untuk melakukan ini, buka tab Pengikut dan gulir ke bawah untuk melihat aktivitas pengikut Anda. Maka di sana tertera kapan followers kalian mau melihat video yang kalian miliki

Informasi ini dapat membantu Anda mengidentifikasi waktu terbaik untuk memposting video TikTok untuk memaksimalkan keterlibatan .

Langkah 5: Ubah Waktu yang Ditampilkan menjadi Zona Waktu Anda

Semua informasi dalam analitik TikTok dicatat dalam Waktu Universal Terkoordinasi.

Akibatnya, Anda harus mengubah jam saat pengikut Anda paling aktif menjadi zona waktu lokasi audiens Anda.

Mari kita jalankan contoh bagaimana melakukan ini

Katakanlah TikTok menunjukkan bahwa aktivitas pengikut Anda melonjak antara jam 4 sore dan 6 sore. Jika audiens Anda sebagian besar berbasis di luar jawa, Anda dapat menggunakan beberapa tool untuk mengetahui bahwa waktu terbaik untuk memposting di TikTok adalah pukul 6 sore hingga 9 malam.

Langkah 6: Belajar Dari Konten Berkinerja Tinggi Anda

Sekarang, mari kita lihat konten berkinerja tertinggi Anda untuk terus mengasah waktu terbaik untuk memposting di TikTok.

Untuk memulai, ketuk “Konten” di bagian atas halaman analitik TikTok. Di sini Anda akan dapat melihat bagaimana kinerja posting Anda selama tujuh hari terakhir.

Gulir ke bawah halaman untuk melihat video Anda yang sedang tren, lalu ketuk postingan untuk melihat detail selengkapnya.

Untuk setiap posting, Anda akan dapat melihat berapa banyak dilihat, suka, komentar, dan berbagi yang diterima. Anda juga akan mengetahui waktu tonton rata-rata dan dari mana asal penayangan postingan tersebut. 

Langkah 7: Lacak Kinerja Konten Anda Dari Waktu ke Waktu

Sulit untuk menemukan pola dalam analitik TikTok Anda dengan andal. Keputusan apa pun yang Anda buat pasti sedikit tidak akurat dan melibatkan beberapa tebakan.

Terlebih lagi, aplikasi ini hanya menampilkan konten selama tujuh hari terakhir dan menghapus data analitik hanya setelah 28 hari.

Jadi, jika Anda benar-benar ingin mencari waktu terbaik untuk memposting di TikTok, Anda perlu sedikit ilmiah. 

Bagaimana? Pelaporan.

Ini bisa memakan waktu sedikit, tetapi ini proses yang sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat Microsoft Excel atau Google Sheet dan memasukkan data untuk setiap posting Anda.

Berikut adalah contoh tampilannya:

Seiring waktu, informasi ini bisa menjadi sangat berharga. Anda dapat mengurutkan informasi ini berdasarkan tampilan atau wilayah dan menggunakannya untuk menemukan waktu terbaik untuk memposting di TikTok. 

Anda juga dapat menggunakan informasi ini untuk mengetahui jenis konten apa yang berkinerja terbaik. 

Misalnya, Anda mungkin memperhatikan bahwa klip komedi Anda berkinerja sangat baik, dan klip tarian Anda tampaknya mendapatkan paling sedikit suka. Dalam hal ini, Anda dapat kembali menonton klip dansa dan fokus untuk memproduksi lebih banyak klip komedi untuk mengembangkan pengikut Anda .

Langkah 8: Lihat Platform Lain

Apakah Anda memiliki audiens aktif di platform lain seperti Instagram atau YouTube? Apakah Anda memproduksi konten serupa untuk audiens target yang sama?

Jika demikian, Anda dapat menggunakan akun media sosial Anda yang lain untuk membantu Anda mengetahui waktu terbaik untuk memposting di TikTok. Cukup buka akun Anda yang lain dan lihat analitiknya.

Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat panduan analitik di beberapa media seperti Instagram , YouTube , Facebook , dan Twitter .

Waktu Terbaik untuk Mengunggah Video di TikTok pada tahun 2021

Baca Juga – Nonton TikTok Dapat Duit

Menurut Influencer Marketing Hub , secara umum, waktu terbaik global untuk memposting di TikTok adalah pukul 6 pagi hingga 10 pagi dan 7 malam hingga 11 malam, Waktu Indonesia Barat (WIB)

Namun, waktu terbaik untuk setiap pembuat konten akan sedikit berbeda.

Berikut ringkasan singkat dari langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menemukan waktu terbaik untuk memposting video TikTok untuk memaksimalkan keterlibatan audiens:

  1. Dapatkan akun TikTok Pro untuk mendapatkan akses ke analitik tentang konten dan pengikut Anda.
  2. Cari tahu di mana audiens Anda berada di tab Pengikut.
  3. Ubah waktu terbaik global untuk memposting di TikTok ke zona waktu audiens Anda.
  4. Temukan kapan pengikut Anda paling terlibat di bawah tab Pengikut. Kemudian ubah waktu yang terdaftar di TikTok ke zona waktu audiens Anda.
  5. Lihat analitik pos di bawah tab Konten – apakah ada pola video yang berkinerja baik saat diposting pada waktu tertentu?
  6. Lacak kinerja video Anda dari waktu ke waktu untuk mengidentifikasi tren yang memberi tahu Anda waktu terbaik untuk memposting di TikTok.
  7. Jika Anda memiliki audiens yang terlibat di platform lain seperti Instagram atau YouTube, lihat analitik untuk melihat apakah mereka dapat memberi tahu kapan audiens target Anda paling terlibat di media sosial.

Sudahkah Anda menemukan waktu tertentu untuk memposting di TikTok yang berfungsi paling baik? Beri tahu kami pendapat Anda di komentar di bawah!

Akhir Kata

Nah itu dia pembahasan singkat yang sudah kami rangkum dalam artikel kali ini dengan pembahasan tema yaitu dengan judul Waktu yang Tepat Upload TikTok

Jika kalian suka dengan rangkuman kami yang sudah kami tampilkan dalam ulasan kali ini. Maka kalian boleh menyebarkan artikel ini ke berbagai macam jenis akun media sosial anda.

Mulai dari aplikasi whatsapp, aplikasi telegram, aplikasi facebook, dan beragam jenis aplikasi media sosial lainnya bisa kalian manfaatkan. Untuk menyebarkan artikel kali ini.

Ya Semoga rangkuman kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dalam pembahsan singkat. Dan sampai jumpa di episode rangkuman atau artikel berikutnya Salam hangat dari Tim KepoWin

0/5 (0 Reviews)
7 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *